Beberapa Alasan Mengapa Anak Di Bawah Umur Dilarang Bermain Di Air Banjir



Banjir adalah salah satu dari beberapa  peristiwa yang biasa dikhawatirkan oleh banyak warga. Khususnya bagi warga yang tinggal di daerah pinggiran  sungai yang setiap harinya terbiasa dengan kehidupan yang bergantungi dengan sungai tersebut. Saat peringatan banjir mulai di umumkan baik dari  tetangga ataupun aprarat daerah, maka biasanya seluruh warga sekitar segera mempersiapkan diri mereka untuk menghadapinya. Yang mereka pikirkan dikala itu ialah bagaimana supaya barang-barang milik mereka terselamatkan tertutama barang-barang yang dianggap penting bagi mereka.

Selain barang-barang, anda juga harus memperhatikan keselamatan anak di bawah umur terutama dikala banjir mulai datang. Sebagai orang  tua yang baik, tentunya mengajarkan anak di bawah umur menghadapi banjir merupakan hal yang harus anda lakukan supaya mereka tetap kondusif dan selalu siap menghadapi banjir. Akan tetapi, banyak diantara anak di bawah umur justru malah bermain-main di air banjir sehingga ini merupakan tugas para orang tua supaya sanggup memberi pengertian pada mereka bahwa bermain di air banjir itu berbahaya. Tentunya semua orang juga sudah tahu bahwa air banjir itu sangat jelek bagi kesehatan, sangat menjijikkan dan juga sangat kotor.




Oleh sebab  itu, arahkan anak di bawah umur anda supaya tidak bermain air banjir. Lalu apa saja sih ancaman dari air bajir itu, berikut  ini penjelasannya :

1. Banyaknya Limbah Mentah Yang Penuh Dengan Kuman
Limbah mentah yang penuh dengan kuman sanggup menimbulkan penyakit mikro-organism ibarat e coli, giardia, hepatitis A, cryptosporidium dan juga kolera. Jika anak anda sedang mengalami luka, maka luka tersebut akan semakin terinfeksi ketika terkena air yang sudah terkontaminasi. Limbah sanggup saja juga berisi urine maupun feses, produk-produk sanitasi ibarat kertas toilet maupun pembalut wanita.

2. Nyamuk
Jika banjir terjadi, maka akan terdapat banyak sekali kolam-kolam kecil yang sanggup saja menjadi tempat yang baik bagi nyamuk-nyamuk berbahaya untuk berkembang. Nyamuk-nyamuk tersebut sanggup membawa virus berbahaya seperti  virus west nile. Maka dari itu berhati-hatilah terhadap anak anda yang bermain di kolam kecil, terutama kolam kecil yang terjadi jawaban banjir.

3. Adanya Limbah Yang Berbahaya
Di dalam air banjir itu terdapat ratusan materi kimia yang tercampur menajdi satu, dan ini sangat berbahaya sekali bagi tubuh. Salah satu contoh nya adalah cairan kendaraan seperti minyak, gas dan anti freeze. Aliran air atau limpasan dari akomodasi perindustrian dan juga manufaktur yang dapat berisi bahan-bahan kimia yang beracun dan berbahaya. Dan terdapat pula limpasan dari aneka macam peternakan yang juga bisa mengandung pestisida, pupuk, herbisida dan juga kotoran-kotoran binatang.

4. Benda-Benda Yang Tajam dan Berbahaya
Berbagai benda dapat saja terseret oleh air banjir, dan disana biasanya juga terdapat benda-benda tajam seperti kepingan gelas dan aneka macam benda tajam lainnya. Benda tersebut sulit terlihat karena  umumnya tecampur dengan aneka macam kotoran dan sampah serta terkadang tertutup oleh lumpur. Tentu saja bila benda tajam tadi mengenai kulit, tentunya akan menimbulkan timbulnya tetanus, e coli, dan juga menimbulkan anak di bawah umur dapat terjatuh, terjerat dan dapat terluka parah. Contoh dari benda-benda berbahaya tadi antara lain kepingan kaca, cabang-cabang pohon, kawat-kawat, pecahan-pecahan logam dan lain sebagainya.

5. Adanya Batu Yang Tersembunyi, Lubang dan Juga Selokan
Ketiga hal diatas sanggup menimbulkan anak di bawah umur atau bahkan orang dewasa pun jatuh, terperosot,dan  tergelincir. Hal ini tentunya pasti berbahaya alasannya adalah dapat menciderai apabila terkena. Dalam aneka macam kasus, insiden seperti ini dapat menimbulkan orang jadi pingsan bahkan ada yang hingga tenggelam.

6. Terdapat Saluran Lubang Got dan Saluran Pipa
Selama terjadinya banjir dan air mulai menyurut, maka saluran-saluran pipa dan juga lubang-lubang got  dapat menjadi tempat yang berbahaya alasannya adalah dapat menjadi tempat pengisap yang cukup kuat. Hal ini berbahaya bagi anak di bawah umur maupun orang dewasa alasannya adalah bila tersedot atau terhisap mereka dapat kehilangan nyawanya. Kejadian ini dapat terjadi karena mereka terhisap ke dalam permukaan air yang dangkal. Anak-anak tersedot  ke dalam pipa yang tersembunyi tersebut sehingga merekapun dapat tenggelam. Bahkan ada beberapa masalah yang menyeret korban hingga ke danau atapun lautan.

7. Adanya Lubang Wastafel

Lubang wastafel itu dapat tiba-tiba sangat bebahaya dikala terjadi banjir. Hal ini terjadi karena dapat mematahkan pipa air, kabel, pipa, kanal listrik, dan juga pipa gas, sehingga hal ini dapat menimbulkan beberapa struktur benda di dekatnya menjadi labil.

8. Timbulnya Pencemaran Air
Air bekas banjir itu sudah tidak baik untuk diminum ataupun dimasak. Saat dan setelah terjadinya banjir, air dapat tercemar dengan mikro organisme-organisme seperti limbah, bakteri, limbah indurstri dan pertanian, bahan-bahan kimia, serta zat-zat berbahaya lainnya yang dapat menimbulkan penyakit kronis. Alangkah baiknya jikalau anda selalu berasumsi dan menghindarkan dari jangkauan anak di bawah umur terutama air-air yang sudah terkontaminasi. Tunggulah hingga ada pihak-pihak yang berwenang memberitahukan kepada anda. Kalau anda memiliki sumur pribadi, tunggulah keputusan hingga air tersebut dinyatakan kondusif ataupun tidak untuk dikonsumsi.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Alasan Mengapa Anak Di Bawah Umur Dilarang Bermain Di Air Banjir"

Post a Comment