Pemanfaatan Teknologi VR Untuk Mendukung Bisnis Keuangan



Bagi Anda pencinta games, mungkin sudah mengenal teknologi AR (argumented reality) dan VR (virtual reality). Sebab, teknologi ini umum digunakan dalam games pada ponsel maupun komputer. Namun, teknologi tersebut saat ini tidak hanya digunakan pada games saja, melainkan juga industri bisnis keuangan untuk mendukung sistem digital yang diterapkan perusahaan. Itulah sebabnya, banyak perusahaan yang mulai melakukan pelatihan VR kepada karyawan untuk mendukung perubahan sistem ini. 

Salah satu industri yang menggunakan teknologi ini adalah industri keuangan seperti bank. Situs tjip.com menjelaskan bahwa semakin meningkatnya kekuatan teknologi, maka perusahaan keuangan seperti bank harus terus menciptakan inovasi baru untuk bisa tetap bertahan di masa yang mendatang. Hal ini dijelaskan dari analisis Tjip tentang gaya hidup generasi milenial yang tumbuh di dunia serba canggih dengan jutaan teknologi digital di sekitar mereka. Oleh karena itu, generasi milenial terbiasa dengan kemudahan untuk mengakses sesuatu, seperti transaksi dan interaksi. 

Lalu, bagaimanakah industri keuangan khususnya perbankan menerapkan VR dalam mendukung bisnisnya? Berikut ini adalah 2 penerapannya seperti yang disebutkan dalam situs arpost.co:
  •  Edukasi nasabah.
Seberapa paham Anda mengenai aturan yang ada dalam dunia perbankan? Pernahkah Anda membaca isi pernyataan yang diberikan dalam formulir bank saat Anda akan membuka rekening atau pun menggunakan produk perbankan lainnya?

Dijamin, Anda pasti jarang membacanya karena merasa isi pernyataan terasa rumit dan membuat Anda pusing. Lagipula, Anda juga merasa yakin bahwa bank tidak mungkin berbuat macam-macam karena dapat merugikan dirinya sendiri.

Dengan adanya teknologi VR, bank bisa menyampaikan berbagai hal mengenai aturan tersebut melalui teknologi tersebut sehingga terasa lebih menyenangkan. Nasabah akan dapat lebih memahaminya tanpa merasa bosan.
  •  E-banking.
Apa yang biasa Anda lakukan saat ingin mengetahui nominal saldo atau mutasi transaksi? Banyak yang masih menggunakan cara lama yaitu ke ATM, sementara banyak juga yang sudah memanfaatkan teknologi internet seperti internet atau mobile banking. Namun, beberapa bank di dunia sudah menerapkan cara yang lebih menarik, yaitu menggunakan teknologi VR. Mereka akan dapat berinteraksi langsung agen bank dan melakukan transaksi melalui teknologi tersebut.

Selain untuk kebutuhan nasabah, teknologi VR juga banyak digunakan dalam proses rekrutmen karyawan baaru. Pemanfaatan teknologi untuk bagian ini dianggap perlu untuk menarik perhatian kandidat karyawan berkualitas agar mau melamar kerja di suatu perusahaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemanfaatan Teknologi VR Untuk Mendukung Bisnis Keuangan"

Post a Comment